News 

73 Pelajar Dikukuhkan Paskibraka Upacara Kenegaraan 17 Agustus

Lalui Seleksi dan Pelatihan Ketat

Sejumlah persiapan dilakukan secara matang oleh Pemkab Jember menyambut HUT RI ke-74, khususnya untuk rangkaian acara formal, yakni upacara kenegaraan. Dimulai dengan pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka), Apel Kehormatan dan Renungan Suci, Upacara Ziarah Nasional, Pemberian Remisi, Upacara Kenegaraan Detik-detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih.

Seluruh rangkaian upacara tersebut telah dipersiapkan dengan matang, dan melibatkan seluruh elemen masyarakat, mulai pelajar hingga tokoh-tokoh masyarakat. Sesuai agenda, upacara Pengukuhan Paskibraka akan dilaksanakan pada 15 Agustus 2019 bertempat di Aula PB Sudirman Pemkab Jember.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wakil Bupati Jember, Drs. KH. Muqit Arief dengan jumlah personel Paskibraka sebanyak 73 orang. Mereka berasal dari perwakilan SMA/SMK di Kabupaten Jember, mulai dari SMKN 5 hingga SMAN 2 Tanggul, baik negeri maupun swasta. Sedangkan 2 pelajar dari Jember, menjadi kebanggan tersendiri, karena terpilih sebagai Paskibraka di Propinsi Jawa Timur. Mereka adalah Muhammad Tedzar Hadi Purnomo dari SMAN 3 Jember dan Sinta Maharani dari SMAN 2 Tanggul.

Seluruh anggota paskibraka yang terlibat dalam upacara kenegaraan baik di Pemkab Jember ataupun Pemprov Jawa Timur, adalah mereka yang telah lolos melalui seleksi 2 tahap, yakni pada 26-28 Maret 2019 untuk tahap I, dan tahap II pada 1-2 April 2019. Bertempat di Jember Sport Garden (JSG), panitia hanya memilih 73 pelajar saja dari 300 pelajar yang terdaftar. Selanjutnya mereka juga harus berlatih cukup disiplin pada 25 hingga 31 Juli 2019 di ALun-alun Jember dan selanjutnya memasuki karantina mulai 13 hingga 17 Agustus 2019. Bukan hanya materi baris-berbaris saja, tetapi materi kebangsaan juga harus mereka tuntaskan, seperti wawasan kebangsaan dan bendera.

Related posts