News 

Antusias Coblosan Pemilu Disambut Warga dengan Gembira

Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., melihat Pemilu 2019 kali ini diikuti oleh warga dengan gembira. Penyelenggara, utamanya di TPS, juga memberikan sajian untuk meningkatkan partisipasi.

“Saya lihat kali ini bergembira, benar-benar pesta demokrasi. Kelihatan di TPS TPS bukan suasana tegang, tetapi semangat bergembira,” kata bupati usai monitoring bersama Forkopimda.

Monitoring dilakukan di tiga tempat, yakni di TPS 09 Desa Pancakarya Kecamatan Ajung, TPS 05 Karang Anyar Kecamatan Ambulu dan TPS 24 Desa Ampel Kecamatan Wuluhan.

Bupati meninjau satu per satu TPS dan menyapa langsung masyarakat yang hadir.

Selain melihat masyarakat bergembira dengan pesta demokrasi lima tahunan ini, bupati melihat penyelenggara kreatif.

Banyak TPS yang menampilkan suasana menarik. Ini untuk meningkatkan angka partisipasi masyarakat dalam menggunakan hal pilihnya.

Di TPS 09 Desa Pancakarya Kecamatan Ajung, bupati melihat dekorasi khas betawi. KPPS TPS 09 ini memampang dua Ondel-ondel di pintu masuk.

Begitu masuk, pemilih disambut dengan suasana betawi. Para penyelenggara Pemilu di TPS itu berpakaian ala betawi. Begitu juga dengan gardening TPS yang cukup membuat suasana kebetawi-betawian.

Sementara itu, saat berada di TPS 05 Desa Karang Anyar, Kecamatan Ambulu, panitia mengaplikasikan tema adat Jawa Timur, genap dengan kwade ala-ala manten.  Seragam panitia pun menggunakan pakaian adat Jawa Timur.

Tema adat Jawa Timur ini menjadi semakin kental dengan adanya sinden yang menyanyi dengan iriingan musik khas. TPS ini juga ingin menyajikan budaya Pandhalungan.

Berbeda dengan TPS 24 dan TPS 25 di Desa Ampel, Kecamatan Wuluhan, yang membawakan tema merah hitam atau tema Sakera.

Upaya lain ditunjukkan oleh Muspika untuk menyemarakkan pesta demokrasi ini, dengan menyelenggarakan lomba TPS. Salah satu penilaiannya yakni kedatangan pemilih mencapai 100 persen.

“Partisipasinya cukup baik. Ini tadi di TPS yang kita kunjungi sekitar pukul 10.00 sudah 70 persen,” katanya kepada wartawan.

Monitoring dilaksanakan bersama Kapolres Jember AKBP Kusworo SH, SIK, MH, Dandim 0824 Letkol Inf. Arif Munawar, Kajari Ponco Hartanto SH, MH, Kasbrig Letnan Kolonel Inf Rudianto.

Related posts