News 

Bupati Tinjau Banjir Kencong. Perbaikan Tanggul Sungai Selesai Dua Pekan

Sebagai upaya untuk mengurangi resiko bencana, Bupati Jember, dr HJ Faida,MMR melakukan percepatan perbaikan tanggul sungai di Dusun Ponjen, Desa Kraton, Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember.

“Banjir di kencong  kita melihat keadaan. Sebagian memang sudah kembali kerumahnya masing – masing, sebagian ada di pengungsian dan sebagian justru memilih diatas tanggul,”kata Bupati Jember, Faida kepada sejumlah awak media saat meninjau lokasi jebolnya tanggul sungai di Dusun Ponjen, Desa Kraton, Kecamatan Kencong, Jember, Rabu (26/12/2018) sore.

Kata Bupati Faida, warga pengungsi yang memilih diatas tanggul sungai itu karena ingin mengawasi rumahnya yang sebelumnya terdampak banjir akibat jebolnya tanggul sungai tersebut. Mereka (pengungsi)  memang sekarang belum berani menghuni rumahnya. Bupati Faida menjelaskan, meskipun didalam pengungsian ini ternak-ternak tetap bisa terlayani untuk suplai makannya. Tetapi tetap ingin bisa segera kembali kalau tanggul sungai ini sudah selesai diperbaiki dan pulih kembali.

“Dan tadi sudah kita janjikan percepatan perbaikan. Untuk memperbaiki insyallah maksimal dua minggu bisa kembali pulih, aman dan bisa kembali ke rumahnya masing-masing,”terangnya.

Dalam hal ini kata Bupati Faida, pihaknya dibantu oleh TNI, Polri, BPBD, PMI, masyarakat dan relawan-relawan muda untuk gotong royong. Dibagi tugas,  untuk batalyon 515, kodim 0824 fokus pada pembersihan wilayah terdampak bencana. Dan untuk BPBD fokus pemulihan kebencanaan, dinas sosial pemulihan pengungsi dan dinas kesehatan untuk mengatasi masalah kesehatan. Karena menurut Bupati Faida, ada pengungsi ibu hamil, lansia dan anak-anak yang memerlukan perhatian khusus. Termasuk juga pada ternak-ternak yang tetap mendapatkan suplai untuk pangannya dari dinas peternakan supaya bisa tetap hidup.

“Lalu kemudian juga kita sudah melihat tadi begitu luas ratusan hektar sawah yang terdampak bencana dan tanamannya rusak,”tuturnya.

Ini nanti akan Bupati Faida bantu supaya bisa segera mananam kembali setelah semua urusan kebencanaan ini selesai. Baru dia akan membahas jurusan pertanian. Bupati Faida menambahkan, dari hasil mitigasi bersama Kapolres dan Dandim dilokasi jebolnya tanggul sungai ini hal yang harus dilakukan ialah percepatan perbaikan tanggul.

“Dipengungsian, kebutuhan akan air bersih sudah tercukupi. Namun distribusi untuk selimut dan alas tidur sebagian masih belum tersampaikan,”pungkasnya

Sebelumnya, Kencong dilanda banjir pada Minggu 23 Desember 2018 dan hingga kini banjir masih menggenang dibeberapa rumah pemukiman warga.

Related posts