News 

Dalam Sepekan, Pemkab Tangani Pemulangan Tiga Jenazah TKI

Pemkab Jember melalui Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR benar-benar memiliki kepedulian terhadap rakyat atau masyarakat yang tergolong tidak mampu, bahkan dalam urusan pengurusan jenazah sekalipun.

Melalui dinas terkait, yakni Dinkes, Disnakertrans, dan juga Kecamatan, Bupati Faidavmeminta agar proses pengurusan administrasi dapat segera diselesaikan supaya jenazah secepatnya dimakamkan oleh keluarga dengan tanpa menunggu lama.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Jember, dr Siti Nurul Qomariah mengatakan, bahwa dalam sepekan ini sudah tiga jenazah yang sudah dilakukan penjemputan di bandara, juanda, surabaya. Yang pertama pada Rabu 10 Oktober 2018 yaitu Misna, (TKW) Malaysia asal Dusun Langsepan, Desa Jenggawah, Kecamatan Jenggawah, meninggal karena sakit, kedua pada Jumat 12 Oktober yaitu jenazah Mohammad Abdus Salam TKI di Malaysia, warga asal Desa Manggisan,Kecamatan Tanggul,yang meninggal karena kecelakaan kerja, dan yang ketiga pada Sabtu 13 Oktober yaitu Minuk Wulandari TKW di Hongkong, warga asal Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger, meninggal karena sakit. Semua jenazah sudah tiba di rumah duka yang dijemput menggunakan mobil ambulan jenazah puskesmas terdekat milik Dinkes Pemkab Jember.

“Untuk memulangkan jenazah sebelumnya kami telah melakukan koordinasi dengan pihak keluarga, kecamatan dan Disnakertrans. Termasuk berkas administrasi kependudukan setperti kartu keluarga (kk) dan lain sebagainya untuk mempermudah kepengurusan pada saat pengambilan jenazah di bandara,”terang Nurul saat dikonfirmasi lewat telepon selularnya, Minggu (14/10/2018) siang.

Dia menambahkan, bahwa tanpa bertele-tele pihaknya merespon cepat langsung membantu proses pemulangan jenazah dengan mengirimkan mobil ambulan jenazah terdekat dengan rumah duka, yakni mobil ambulan dari masing – masing Puskesmas.

“Kami selalu siap apabila dibutuhkan oleh warga masyarakat Jember. Karena masalah pelayanan publik harus menjadi prioritas utama, Apalagi, bantuan tersebut untuk warga Jember sendiri yang benar – benar membutuhkan. Dan semuanya gratis tanpa ada biaya sepeserpun,” pungkasnya.

Related posts