News Sudut Pandang 

Datangkan Pakar dari ITS, Inilah Konsep Jember Smart City

Ketua Tim Ahli Smart City and Intelligent Center (SIEC) ITS Dr. Ir. Endroyono, DEA. menilai Kabupaten Jember bakal melejit jika program Smart City berhasil diwujudkan. “Saya optimis Jember melejit,” kata Endroyono, Rabu (8/8) usai audiensi dengan Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR. di Pendapa Wahyawibawagraha.

Lebih jauh tentang program Smart City, Endroyono menjelaskan tantangan yang dihadapi. Ia menyebut, secara internasional program berbasis teknologi informasi ini memiliki kegagalan yang cukup besar.

Dalam catatannya, kegagalan tersebut mencapai 60 persen. Namun demikian, apabila program ini benar-benar berhasil, maka kemajuan Jember bisa melejit.
Kemajuan yang melejit tersebut, jelasnya, karena Kabupaten Jember telah memiliki modal besar. Salah satunya wilayah yang luas dengan APBD yang lebih dari Rp. 3 triliun dan pertumbuhan serta kemajuan yang tinggi.

Audiensi digelar di Pendopo Wahyawibawagraha untuk menyamakan persepsi. Endroyono mengaku dari pertemuan tersebut sudah terjalin kesamaan persepsi terkait program tersebut.  Bupati Faida maupun jajaran di bawahnya sudah terdapat kesamaan dengan tim ahli.

Salah satunya terkait dengan penekanan program itu. Ia menyebut Bupati Faida mengharapkan Smart City mampu menopang pengelolaan pemerintahan yang baik, yakni pelayanan publik.
“Pengelolaan pemerintah itu tolak ukurnya adalah pelayanan. Sedangkan pelayanan yang baik adalah data yang valid,” jelasnya usai audiensi. Usai audiensi, lanjutnya, tim ahli akan melanjutkan pekerjaan.

“Kita tinggal memperkuat setiap poin yang Bupati tunjukkan tadi,” ujarnya. Dalam audiensi, Bupati Faida menginginkan pelayanan publik yang baik, seperti transportasi, keselamatan, kesehatan, dan lainnya.

Related posts