News 

Izin Tambang Silo Dicabut. Faida : Terimakasih Pak Presiden Jokowi

Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR usai melantik pejabat eselon II di Pendopo, Rabu (7/2/2019) sore, mengumumkan bahwa SK Menteri ESDM No. 1802/K/30/MEM/201 tanggal 23 April 2018 soal Wilayah Ijin Usaha Pertambangan (WIUP) pada lampiran IV yang terdapat Blok Silo seluas 4000 ha sudah resmi dicabut. Pencabutan tersebut tertulis pada Surat Keputusan Menteri ESDM dengan nomor 23 K / 30 / MEM / dan ditandatangani oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan pada 6 Februari 2019.

Bupati Jember, Faida menegaskan bahwa keputusan pencabutan ini adalah murni perjuangan masyarakat Silo bersama Bupati dan Wabup Jember.

“Blok Silo sudah jelas dicabut, waktunya tasyakuran orang Jember dan ini adalah murni perjuangan masyarakat Jember bersama Bupati dan Wakil Bupati,” tegas Bupati Jember, Faida sambil memegang SK Pencabutan Tambang Blok Silo.

Bupati Jember, Faida berpesan kepada masyarakat Jember khususnya masyarakat Silo untuk tidak khawatir lagi.

Diberitakan sebelumnya, Pemkab Jember menempuh sidang non-litigasi di Kemenkumham untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat Silo guna mencabut lampiran IV tersebut.

Ketua Majelis Pemeriksa Sidang Nonlitigasi, Nasruddin memutuskan untuk mencabut izin penambangan Blok Silo yang tertuang dalam Lampiran IV Kepmen ESDM No. 1802/K/30/MEM/201 tanggal 23 April 2018 karena dinilai cacat hukum.

Pencabutan tersebut didasarkan pada ketiadaan bukti persetujuan Bupati Jember mengenai ijin Tambang Blok Silo.

Bupati Faida juga menyampaikan, ini adalah murni perhatian dari pemerintah pusat mengikuti kehendak rakyat, dan memang masyarakat tidak menginginkan dalam evaluasinya cacat hukum, terbukti komitmen pemerintah pusat membatalkan.

“Saya menyampaikan terimakasih kepada Presiden Joko Widodo yang komitmen mengikuti keinginan rakyat dan kepentingan masyarakat,” ungkapnya.PrintSambung

Related posts