News 

Pasangan Ortu Bayi Kembar Ini Akui Urus Akte Kelahiran Mudah dan Gratis

Keluarga Tuyami warga Dusun Jeding Desa Sumberpinang Kecamatan Pakusari gembira setelah mendapat akte kelahiran bagi anak kembarnya. Dia mengurus akta kelahiran sang buah hatinya yang terlahir kembar 6 bulan lalu disalah satu rumah sakit di Kabupaten Jember.

Setelah mengambil nomor antrian dan sesuai urutannya, perempuan berusia 36 tahun menunjukan berkas pengajuan akta kelahiran lengkap dengan persyaratannya kepada petugas Dispendukcapil Pemkab Jember yang berada di galeri Mall Roxy Square, Kecamatan Kaliwates.

“Jadi berkas dan persyaratannya sudah lengkap seusai dilakukan verifikasi oleh petugas Dispenduk yang saat itu mendapat shif jaga, maka langsung dilakukan percetakan pengajuan akta kelahirannya,” kata Kepala Dispendukcapil Pemkab Jember, Sri Wahyuniati.

Yuni mengungkapkan, tidak sampai 1 menit 4 berkas pengajuan akta kelahiran milik anak ibu tersebut sudah tercetak menjadi akta kelahiran. Dia menjelaskan, tidak hanya akta kelahiran saja yang dilakukan percetakan oleh petugas dispenduk. Namun Kartu Identitas Anak (KIA) – nya pun juga dilakukan percetakan.

“Ini namanya paket dokumen kependudukan. Yaitu mulai dari cetak KK, akta kelahiran dan juga KIA, “terangnya. Dari 4 akta kelahiran yang sudah dilakukan percetakan secara langsung tersebut 2 akta kelahiran yang hari dan tanggal kelahiranya sama karena ketika dilahirkan dakan kondisi lahir kembar.

Tentu dirinya sebagai Kepala Dispendukcapil bangga pada masyarakat yang tidak selalu menggantungkan kepengurusan adminduk pada orang lain alias tidak lewat calo atau makelar. Ini merupakan sebagian dari Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA). Untuk itu Ia berharap pada seluruh warga jember untuk melakukan pengurusan sendiri adminduknya, karena tidak dikenakan biaya sepeserpun. “Sesuai petunjuk Ibu Bupati dan peraturan pusat, yang jelas mengurus adminduk saat ini gratis tanpa ada pungli,” tegasnya.

Related posts