News 

Penetapan APBD 2019 Jember Kali Ini Super Cepat

Penetapan APBD Jember Tahun Anggaran 2019 kali ini merupakan tercepat dalam sejarah. Bahkan pengesahan APBD 2019 senilai Rp 3,6 triliun ini, kata Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR menyebut pengesahan ini tidak hanya tercepat di seluruh kabupaten se-Jawa Timur bahkan se-Indonesia.

“Penetapan APBD 2019 ini sudah saatnya, kalau bisa dibuat cepat, buat apa diperlambat. Tidak perlu ditunda-tunda lagi. Tidak perlu ada kegaduhan huru-hara lagi seperti tahun sebelumnya. Penetapan ini tercepat di Jawa Timur bahkan se-Indonesia,” tutur Bupati Jember, dr. Hj. Faida usai sidang Paripurna Penetapan APBD Jember.

Menurut Bupati Faida, Badan Anggaran (Banggar) DPRD Jember yang kooperatif dan sinkron, karena sejatinya APBD adalah murni untuk kebutuhan rakyat.

“Saya senang tim Banggar DPRD bisa kooperatif, sehingga APBD tahun anggaran 2019 dapat ditetapkan lebih cepat. Tidak perlu berlarut-larut karena ini kepentingan rakyat,” ujarnya.

Pada penetapan Perda APBD 2019 Kabupaten Jember sesuai 22 Janji Kerja Faida-Muqiet, yakni fokus pada Jember Mandiri dari sektor ekonomi juga sektor wisata berbudaya.

Seperti diketahui, Kekuatan anggaran APBD Jember 2019 yakni target pendapatan mencapai Rp 3,62 Triliun. Pendapatan ini diperoleh dari pendapatan perimbangan senilai Rp 2,38 T. Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai Rp 630,6 miliar.

Ditambah dengan pendapatan lain-lain yang sah senilai Rp 611,4 miliar. Namun dalam pendapatan ini juga ada nilai pembiayaan daerah yang direncanakan senilai Rp 172,7 miliar. Dengan demikian, pendapatan ini nantinya akan dimanfaatkan Pemkab Jember di tahun 2019 mendatang. Baik untuk pembiayaan rutin maupun pembangunan di Jember selama setahun kedepannya.

Perencanaan untuk belanja langsung senilai Rp 1,262 triliun. Sedangkan belanja tidak langsung Rp 1,06 triliun. Rinciannya untuk belanja wajib pelayanan dasar senilai Rp 2,232 triliun dan belanja wajib non pelayanan dasar Rp 256 miliar.

Related posts