News 

Pengukuhan Ketua RT dan RW. Pemkab Nitip Program Agar Terealisasi ke Masyarakat

Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR. menyatakan perlu titip program Pemerintah Kabupaten Jember kepada Ketua RW dan RT agar berjalan dan bermanfaat bagi masyarakat.

Hal ini disampaikan Bupati ketika memberikan pengarahan kepada Ketua RW dan RT se-Kelurahan Gebang, Kecamatan Patrang, yang dilantik dan dikukuhkan pada Minggu, 28 Juli 2019, di kantor kelurahan.

“Memang perlu bupati hadir dan bertemu langsung untuk menitipkan program-program Pemerintah Kabupaten Jember,” ujar Bupati.

Orang pertama di Jember ini meyebutkan program-program tersebut diantaranya perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) yang ada di wilayah Kelurahan Gebang.

Program lainnya yakni penyelesaian seluruh keperluan adminduk masyarakat apabila terjadi kesalahan data yang memerlukan sidang pengadilan.

“Pemerintah sudah bekerjasama dengan Pengadilan Negeri Jember, sehingga pengurusan gratis dibiayai oleh APBD Kabupaten Jember,” ungkapnya.

Program berikutnya yakni isbat nikah. Program ini pada tahun lalu telah menyelesaikan 5.000 masyarakat yang tidak punya buku nikah. “Tahun ini akan dituntaskan sisa kemarin yang belum tuntas,” lanjutnya.

Terkait kehadirannya di acara pelantikan dan pengukuhan itu, Bupati menyebut pertama kali di Jember pelantikan RT dan RW dihadiri Bupati.

“Hal ini dikarenakan bupati menyadari bahwa RT RW adalah garda terdepan dalam melayani masyarakat dan menjadi penyambung program-program pemerintah untuk dikomunikasikan kepada masyarakat,” tuturnya.

Bupati juga mengapresiasi diadakannya pelantikan dan pengukuhan ini. Bupati menyebut ada sekitar 150 RT RW di kelurahan gebang. Mereka mayoritas terpilih kembali, dan ada juga yang dikukuhkan karena masa jabatannya masih berlangsung.

Dalam kesempatan itu Bupati mengungkapkan rasa senangnya melihat perempuan yang menjabat RT maupun RW. “Ini membuktikan masyarakat mempunyai kepercayaan yang sama kepada RT RW laki-laki maupun perempuan,” Bupati.

Pada kesempatan yang sama, Lurah Gebang Sugiartono menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati. Kehadiran ini menjadi momen bersejarah. “Menjadi sejarah pelantikan dan pengukuhan RT RW se-Kelurahan Gebang yang pertama kali dihadiri Bupati,” ujarnya.

Lurah Gebang berharap RT RW di Kelurahan Gebang dapat menjadi penyambung lidah program-program Pemerintah Kabupaten Jember, utamanya untuk keberhasilan 22 Janji Kerja Bupati Faida dan Wabup Kiai Muqit.

Pelantikan dan pengukuhan ini, lanjutnya, karena ada RT dan RW yang baru menjabat usai pemilihan dan ada juga yang masa baktinya belum habis.

Related posts