News 

Pilkades Serentak. Sepakat Jaga Persatuan

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2019 serentak akan dilaksanakan empat tahap di mulai pada tanggal 5, 12, 19 dan 26 September mendatang, yang di ikuti oleh 508 calon Kepala Desa dari 161 Desa di 28 Kecamatan se-Kabupaten Jember.

Untuk mensukseskan pilkades damai dan kondusif, Pemerintah Kabupaten Jember menggelar Deklarasi Damai di Aula Pemkab Jember, yang di ikuti oleh seluruh Badan Perwakilan Desa, Camat, Kapolsek, Danramil, Forpimda, serta Calon Kepala Desa. Senin (2/9/2019)

Bupati Jember dr. Faida MMR menyampaikan, Pemilihan Kepala Desa di 161 Desa yang ada di Jember tinggal hitungan hari, dimana pada tahap pertama Pilkades yang digelar pada 5 September mendatang akan diikuti oleh 45 Desa di 7 Kecamatan wilayah Jember Timur dan Utara.

Sedangkan, untuk tahap kedua akan digelar pada 12 September dengan diikuti oleh 37 Desa dari 6 kecamatan, tahap ketiga tanggal 19 September terdiri dari 40 desa dari 7 Kecamatan. Selanjutnya tahap keempat tanggal 26 Septermber akan diikuti oleh 39 desa dari 8 Kecamatan.

“Hari ini kita gelar deklarasi damai untuk seluruh calon kepala desa yang akan berkompetisi pada Pilkades serentak mendatang, deklarasi ini untuk mewujudkan semangat dari semua elemen masyarakat, sekaligus sebagai wadah silaturrahmi antar calon kepala desa,” tutur Bupati Faida.

Bupati berharap, dengan adanya deklarasi damai ini, tidak ada perpecahan dan menjaga persatuan antar pendukung.

“Moment ini adalah moment yang bersejarah, karena semua pihak yang turut hadir dalam deklarasi ini adalah saksi untuk penegakan dan pembangunan demokrasi di Kabupaten Jember,” ungkapnya.

Sementara itu, Dandim 0824 Jember Letkol Inf. Laode Muhammad Nurdin, S.Sos, M.I.Pol mengatakan, pihak TNI dan Polri telah menyiapkan satuan pengamanan untuk pelaksanaan Pilkades serentak di beberapa titik, yakni titik rawan atau mungkin tidak rawan, dan titik-titik yang sudah kondusif.

“Pembagian personil keamanan sudah disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing satuan yang ada,” ungkap Dandim.

Dandim pun mengajak semua masyarakat, khususnya peserta pilkades. “Untuk menciptakan rasa aman dan damai di semua wilayah agar pikades berlangsung kondusif,” tandasnya.

Related posts