News 

Rasyid Zakaria Awali Daftar Cabup Lewat PDIP

Rasyid Zakaria menjadi pendaftar pertama sebagai Bakal Calon Bupati Jember di kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Jember. Rasyid mendaftar sesaat setelah dibukanya proses penjaringan bakal calon oleh partai berlambang banteng itu.

Mantan Kepala Dinas PU Binamarga yang masih menjabat Kepala BPBD Kabupaten Jember itu mengatakan PDIP menjadi partai politik (parpol) pilihan pertamanya dalam mengikuti kompetisi Pilkada Serentak 2020.

“Saya berharap PDIP dapat mengusung saya hingga mendaftar ke KPU,” ujarnya.

Tokoh NU di Jember itu juga akan berupaya melobi parpol lain untuk ikut mengusungnya sebagai calon bupati dalam Pilkada Serentak 2020. “Karena saya dari NU. Saya ingin ada koalisi semangka, merah hijau. Yakni PDIP dengan partai-partai NU,” imbuhnya.

Juru Bicara DPC PDIP Kabupaten Jember Lukman Winarno mengatakan bahwa penjaringan tersebut berdasarkan Instruksi Dewan Pimpinan Pusat PDIP Nomor 356/IN/DPP/VIII/2019 tentang Pemetaan Daerah dan Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah Pilkada Serentak Tahun 2020. Serta Peraturan Partai Nomor 24 Tahun 2017 tentang Rekrutmen dan Seleksi Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah PDIP.

“Ini perintah partai, dan di Jawa Timur insyaallah ada 19 daerah yang menggelar pilkada 2020 dan pembukaan dilakukan serentak,” kata Lukman dalam konferensi pers di kantor DPC PDIP, Jalan Supriyadi Nomor 84, Jember, Jawa Timur.

Lukman menerangkan bahwa penjaringan tersebut terbuka untuk masyarakat yang memenuhi syarat. Baik masyarakat dari internal partai maupun dari luar partai.

Dia juga menerangkan bahwa masyarakat yang ingin mendaftarkan dirinya sebagai Bakal Calon Bupati Jember melalui PDIP, tidak hanya dapat mendatangi kantor DPC.

“Bisa daftar lewat DPD bahkan DPP. Karena orang Jember ada yang tinggal di luar,” tuturnya. Selain itu, dia juga menegaskan bahwa dalam proses penjaringan tersebut, PDIP tidak menerima mahar politik atau uang pelicin dari pendaftar dengan maksud memuluskan ambisi politiknya.

“Salah satunya dalam proses penjaringan ini tidak diperbolehkan menerima uang atau barang dengan alasan apapun. Itu tegas, bahwa no mahar harus jadi komitmen kita bersama. Begitu calon yang mendaftar jangan sekali-kali mencoba melakukan hal-hal di luar ketentuan partai yang sudah kami tetapkan,” tegas dia.

Untuk diketahui, tahapan penjaringan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati oleh DPC PDIP Kabupaten Jember dimulai 5 – 16 September 2019.

Terbagi dalam tiga tahap. Pertama, tahap pengambilan formulir pada 5 – 14 September 2019. Kedua, tahap pengembalian formulir dan dokumen pada 5 – 14 September 2019. Dan ketiga, tahap verifikasi dan validasi dokumen pada 15 – 16 September 2019.

Lukman menambahkan, sedikitnya ada 24 dokumen yang wajib disertakan dalam pendaftaran tersebut. Serta wajib mengisi formulir yang disediakan. Termasuk rekam jejak bakal calon dalam melakukan pembelaan kepada rakyat selama ini.

Related posts