News 

SEMEDI Tak Lebih 5 Menit, Mampu Cetak 2 Ribuan Dokumen Kependudukan

Banyak program yang dilakukan Bupati Jember, dr HJ Faida,MMR melalui Dispendukcapil Jember, sebagai upaya untuk menuntaskan kepemilikan dokumen Administratrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Admindukcapil) seperti KK, Ktp el, KIA, dan Akta Lahir.

“Dispenduk itu mempunyai banyak program kegiatan yang tujuannya ialah demi tuntasnya dokumen kependudukan dan pencatatan sipil di kabupaten jember,” kata Kepala Dispendukcapil Jember, Sri Wahyuniati kepada sejumlah awak media saat menyelenggarakan kegiatan pelayanan admindukcapil pada puncak peringatan hari Perhubungan Nasional dengan tema “Jember Transportation Fiesta” yang bertempat di depan Pemkab setempat, Minggu (14/10) pagi.

Kata Yuni, ada program kerja Bupati dan Wakil Bupati Ngantor di Desa, kemudian ada pelayanan di galeri mall roxy, dan yang terbaru adalah pelayanan secepat – cepatnya jadi (Semedi). Dalam pelayanan semedi ini pihaknya bisa mencetak 2 ribuan dokumen kependudukan terlayani. Jadi masyarakat datang, lalu ngantri, masuk dan saat masuk tidak kurang dari 5 menit dokumen kependudukan sudah selesai dicetak gratis tidak boleh ada pungutan liar (pungli), biaya sepeser pun yang langsung bisa dibawa pulang.

Ia menjelaskan, lalu kemudian untuk mengantisipasi supaya masyarakat tidak harus datang ke kantor dispenduk maka pihaknya membuat website pengaduan bagi masyarakat terkait dengan dokumen adminduknya yang belum jadi dan lain – lain sebagainya yang menjadi PR – PR (pekerjaan rumah) dimasa lalu untuk dihabiskan. Selain itu kita juga punya pengaduan lewat Wasaap (WA) center. Maka dengan keluhan – keluhan lewat WA itu apa yang harusnya dicukupi untuk kepemilikan dokumen dapat kita bantu,” terangnya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, bahwa yang terbaru saat ini pihaknya mempunyai SOP, yaitu pelayanan pengurusan semua dokumen kependudukan secara online. Terkecuali untuk perekaman Ktp el, karena kalau perekaman orangnya yang bersangkutan harus datang ke tempat pelayanan adminduk, yakni bisa di kantor kecamatan, kantor dispenduk maupun di galeri pelayanan di mall roxy.

“Saat ini kurang lebih 2 ribu yang teresgistrasi dalam pemanfaatan layanan online tersebut dan sekitar 900 pemohon sudah tercetak dan terlayani dengan baik,” pungkasnya.

Related posts