Destinasi Wisata Event & Bisnis News 

Tahun Depan, Kejurnas Terbang Layang Dibikin Lebih Meriah

Kejuaraan Nasional Terbang Layang Komandan Lanud Abdurrahman Saleh-Bupati Jember Cup 2018 yang dimulai sejak 26 Oktober telah berakhir hari ini.
Kejurnas bergengsi ini secara resmi ditutup oleh Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR dan Komandan Lanud Abdurrahman Saleh Marsma TNI Andi Wijaya, S.Sos di Bandara Notohadinegoro, Kabupaten Jember, Rabu (31/10) pagi.
Komandan Lanud Abdurrahman Saleh, Marsma TNI Andi Wijaya, S.Sos, mengucapkan rasa syukur, karena penyelenggaraan kejurnas terbang layang bisa berjalan dengan baik dan sukses.
“Saya mengucap syukur Alhamdulillah, karena dalam kegiatan ini tidak terjadi insident ataupun accident. Mudah-mudahan, kedepannya bisa seperti ini,” ujarnya.
Bahkan, lanjut Danlanud, pihaknya telah bicarakan dengan Bupati, bahwa kejurnas terbang layang tersebut akan menjadi agenda tahunan yang memungkinkan lagi diselenggarakan di Jember. Tentu saja, dengan yang lebih meriah dan terencana.
“Itu makanya, apabila kita laksanakan di Jember, kita integrasikan kegiatan dengan wisata di Jember maupun wisata dirgantara. Dengan ada tempat seperti ini, semua bisa ikut berlatih di Jember sini,” imbuhnya.
Sementara itu, Bupati Faida membenarkan adanya pembicaraan dengan Danlanud Abdurrahman Saleh, yang menghasilkan sebuah sinergitas yang lebih positif diantara keduanya. Apalagi, tujuannya untuk saling mendukung dan menguatkan, demi kepentingan warga masyarakat.
“Kita sudah sepakat untuk kegiatan ini diselenggarakan setiap tahun, dan tahun depannya tentu akan dikembangkan lagi. Bukan hanya terbang layang, tetapi juga kita kombinasikan dengan para layang,” kata Bupati.
Tak hanya itu saja, sambungnya, kegiatan tersebut juga dengan yang bermuatan positif lainnya dalam bentuk edukasi dirgantara bagi anak-anak dan masyarakat umum. Misalnya, pameran kedirgantaraan, lomba aero modelling dan lomba membuat mainan pesawat anak-anak. Sehingga, secara pengetahuan dan keterampilan sama-sama didapat.
“Ini juga sebagai upaya untuk manarik Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Jawa Timur agar bisa berkolaborasi dengan Pemkab dan KONI Jember. Sehingga, FASI Jember bisa tumbuh, ya tergantung kepada masyarakatnya, kalau mereka minat kita fasilitasi,” pungkasnya.
Untuk diketahui, berdasarkan hasil penilaian daripada penyelenggaraan kejurnas terbang layang terhadap peserta, berikut adalah nama-nama pemenang lomba beserta kategorinya;
1. Serka Devi, Jawa Timur mendapatkan medali emas untuk kategori perorangan Putri / Duration Flight (Terbang Lama).
2. Ester, Jawa Tengah, mendapatkan medali perak.
3. Lina, Papua mendapatkan medali perunggu.
1. Supriyanto, DKI Jakarta mendapatkan medali emas untuk kategori perorangan putra / Duration Flight (Terbang Lama).
2. Utomo, DKI Jakarta mendapatkan medali perak.
3. Joko Gunadi, Jawa Barat mendapatkan medali perunggu.
Untuk kategori Duration Flight Single Seat Beregu Putri Juara I. Dewi S. / Estherdari Jateng, juara II. Devi  dari Jatim dan juara III. Lina dari Papua.
Katagori Duration Flight Dual Seat Putri Juara I. Esther dari Jateng dan Melatidari DKI Jakarta, Juara  II. Inadari Jabar,  dan Juara III. Dewi S. Dari Banten.
Duration Flight Dual Seat Beregu Putri Juara I. Esther / Dewi S. Dari Jateng, juara II. Ina / Rossi dari Jabar, dan juara III. Melati dari DKI Jakarta, dan Dewi N. / Ari dari Banten.
Kategori Duration Flight Dual Seat Putra Juara I. Bido A. dari Jateng. Juara II. Iman dari DKI Jakarta, Juara III. Charly dari Papua.
Duration Flight Dual Seat Beregu Putra Juara I. Iman / Tikno dari DKI Jakarta, Juara II. Hengki / Bido A dari Jateng dan juara III diraih Panji / Charly dari Papua.
Juara umum dalam Kejuaraan Nasional Terbang Layang Danlanud Abdurrahman Saleh-Bupati Jember Cup 2018 diraih oleh atlet Jawa Tengah.

Related posts