News Sudut Pandang 

Untuk Kesejahteraan, Nelayan Puger Perlu Difasilitasi Potensi Wisata Kuliner Khas Ikan Laut

Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR, akan membangun secara sinergi dari anggaran APBN maupun APBD sebagai upaya menghindari kecelakaan laut di Plawangan Pantai Puger. Langkah itu sekaligus dalam upaya mensejahterakan para nelayan di pesisir pantai selatan Jember. Kedepan disana akan segera bangun dermaga disekitaran Plawangan, Pantai Puger. Hal ini disampaikan oleh Faida, kepada wartawan, setelah mengadakan live on air di Radio Republik Indonesia (RRI) Jember, Sabtu (4/8).

Bupati Faida menargetkan ada 3 prioritas pembangunan di wilayah Plawangan, yaitu pembangunan dermaga untuk nelayan, pembangunan break water yang saat ini mengalami pergeseran karena hantaman ombak, dan pemberian bantuan perahu dan pelampung bagi nelayan perahu diatas 5 GT.

“Yang jelas dalam waktu secepatnya Pemkab Jember kordinasi dengan pusat dan Pemprov akan melakukan perbaikan break water yang mengalami pergeseran. Tak hanya itu saja, kita usulkan juga akan melakukan pengerukan sedimen-sedimen endapan disekitar Plawangan. Kita akan lakukan kajian dari kajian yang sudah ada,” terang Bupati Faida.

Bupati Faida juga mengatakan banyaknya kecelakaan dilaut selatan ini, banyak dikarenakan karena nelayan yang melaut tersebut hanya menggunakan Jukung dan perahu-perahu kecil dibawah 5 GT. Untuk itu, Faida berjanji akan menganggarkan bantuan perahu dan pelampung diatas 5 GT sebagai sarana untuk melaut bagi nelayan pantai selatan.

“Terbanyak nelayan di Puger saat ini ada sekitar 3 ribu perahu nelayan dipantai puger. Namun, hanya 500 perahu yang diatas 5 sampai 10 GT. Hal inilah yang menyebabkan nelayan puger hanya bisa melaut selama 6 bulan sekali dalam setahun,” ujarnya. Asuransi nelayan juga disinggung oleh Bupati Faida agar pola pembayaran bisa ringkas misalkan 6 bulan sekali untuk mengkover setahun.

Pihaknya juga mengatakan, akan segera mengembangkan wisata kuliner ikan laut diwilayah pantai puger dan sekitarnya, yang bersinergi antara daerah dan pusat dengan harapan bisa memperbaiki kehidupan ekonomi masyarakat disekitar pesisir pantai puger. “Kita akan kembangkan potensi puger sebagai pusat wisata kuliner ikan laut. Ini sudah kita sinergikan dengan pemerintah pusat sehingga masyarakat sekitar Puger agar kedepan tidak hanya sebagai nelayan, akan tetapi bisa meningkat melalui potensi wisata kuliner khusus makanan ikan laut,” ujarnya.

Related posts