News 

Warga Jember Korban Bencana Palu dan Donggala Mulai Tersenyum

Bupati Jember Faida bersama Muspika Ambulu menggelar bakti sosial bertajuk Berbagi Kebahagiaan bersama korban bencana alam Palu-Donggala. Mereka juga warga yang kembali ke Jember Kecamatan Ambulu dari 27 KK dengan 85 anggota.

Kegiatan hari ini adalah inisiasi dari masyarakat dan tokoh masyarakat diselenggarakannya di masjid. “Saya senang karena masyarakat Jember itu orang saling gotong royong dan peduli karena ini semua tanggung jawab bersama bukan hanya pemerintah. Saya berharap kepedulian ini bisa mengembalikan semangat para korban dan menjadikan mereka tidak merasa sendiri, tetapi merasa punya keluarga besar di Jember,” ujar Bupati Faida.

Hari ini sekaligus mendata dan sudah dikirimkan ke Pemkab Jember untuk adminduk sebagian besar sudah terselesaikan, dan sebagian yang belum, karena terdata sebagai warga Palu dan Donggala.

Oleh karenanya tidak perlu mengurus surat pindah jauh-jauh kesana Insya Allah antar Dinas Kependudukan Palu dan Jember sudah koneksi 1-2 hari ini akan terselesaikan.

“Nanti akan diantarkan melalui kecamatan dan desa dan untuk yang sekolah alhamdulillah sudah dapat sekolah. Semua disini dan sudah mulai aktif 1 minggu dan kita akan buatkan SK untuk seluruh korban bencana alam yang sekolah di Jember,” ujarnya.

“Untuk biaya ditanggung oleh Pemkab Jember baiknya SPP nya dan Apa keperluan buku dan seragamnya, tadi ada juga 2/3 yang laporan mahasiswa yang belum dapat sambungan kuliah di Jember. Kita sampaikan untuk dibantu untuk segera mendapat jurusan yang sesuai dan juga akan dibantu oleh Pemkab Jember,” imbuhnya.

UKT juga akan dibayarkan oleh Pemkab Jember semuanya dan setiap bulan mendapat bantuan hidup untuk mahasiswa ini Rp. 750.000 per mahasiswa.

“Dan tadi saya minta tolong untuk tokoh masyarakat pak Camat dengan muspika dan Kepala Desa, RT/RW untuk membantu mereka, ini supaya secara ekonomi bisa pulih kembali, karena ada yang jualan cilok ada yang dagang sayur segera di data apa keperluannya, kami akan membantu bersama-sama masyarakat untuk membantu mereka agar segera bisa mencari nafkah kembali,” terangnya.

Sementara Camat Ambulu Sutarman mengatakan, berbagi kebahagiaan kepada korban bencana yang selamat dari Palu-Donggala kembali ke Ambulu, memang itu masyarakat kami.

Terkait dana ini, pihaknya memang bersama-sama untuk memberi bantuan yang terdiri dari PCNU, Cabang Muhammadiyah 3, Muspika para Kepala Desa juga dari Pimpinan Gereja, Kepala Instansi serta juga dari Muslimat dan lain sebagainya.

“Sehingga di situ bersatu untuk membantu meringankan masyarakat Ambulu yang datang dari Palu-Donggala, tadi juga diserahkan bantuan secara langsung oleh Ibu Bupati terkait bantuan tersebut,” katanya.

Related posts