News 

Wartani Desak Pemkab Selesaikan Kasus Tanah Curahnongko

Sengketa tanah antara ex PTPN XII Kebun Kalisanen dengan petani Desa Curahnongko tidak kunjung selesai, oleh sebab itu Wadah Aspirasi Warga Petani (Wartani) meminta dan mendorong Pemerintah Kabupaten Jember untuk turut aktif menyelesaikannya sebagaimana amanat Perpres No 86 Tahun 2018.

Ketua Wartani, Yateni saat press conference di warung Yu Sinto yang berada di Jalan Cadika, Kecamatan Kaliwates mengatakan, Wartani mendorong pemerintah daerah untuk pro aktiv dalam menyelesaikan masalah tanah antara petani Curahnongko dengan PTPN XII seluas 332 Hektare, Kaliwates, Sabtu 16 Februari 2019.

Yateni menjelaskan, tahun-tahun ini reforma agraria akan berjalan sesuai dengan program pemerintah pusat. Ia berharap, reforma agraria tidak berhenti di Kabupaten Jember.

“Sementara ini, pemerintah daerah kan diam. Dengan adanya perpres ini, kami berharap pemerintah daerah yang menguasai daerah pro aktiv, karena dalam perpres itu yang menjadi ketua tim adalah Bupati, jadi mau tidak mau harus pro aktive,” kata Yateni.

Peraturan Presiden (Perpres) yang dimaksud Yateni, Nomor 86 Tahun 2018 tentang Reforma Agraria.

Sejauh ini, lanjut Yateni, pemerintah daerah belum aktive. Oleh sebab itu, Wartani hendak berkirim surat ke Presiden untuk menindak lanjuti, agar bupati dan gubernur pro aktive.

Yateni mengaku, selama ini pemerintah daerah belum pro aktive. Tapi, bila seperti saat ini massa pemilihan, petani diminta suaranya dan sudah dijalankan dengan serius. Bahkan jadi, tapi setelah jadi diam saja.

“Makanya kami berkirim surat ke presiden agar presiden mengingatkan ke pemerintah daerah agar pro aktive menyelesaikan kasus ini,” harap Yateni.

Yateni ingin, dengan presiden bagi-bagi sertifikat tanah, juga dilakukan pada masyarakat Curahnongko. Disamping menyelesaikan masalahnya, juga dapat sertifikat sebagai bentuk pengakuan secara hukum, supaya petani tidak terkena teror oleh siapapun termasuk oleh preman.

Yateni berjanji, bila di sini atau pun surat yang dikirimnya tidak ditanggapi. Nantinya, bersama Wartani akan berangkat ke Jakarta.

Related posts